tempat wisata alam taman karimun jawa

tempat wisata alam taman karimun jawa

Pernahkah Anda mengunjungi tempat ini? Bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah harus tahu tempat wisata ini. Dan bagi Anda yang tidak pernah dikunjungi, kali ini Twisata akan meninjau tentang keindahan tempat wisata yang ada di utara pulau Jawa.


Karimunjawa adalah Kepulauan objek wisata yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Karimunjawa, tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam Kabupaten Jepara – Jawa Tengah. Tujuan wisata yang satu ini terdiri dari darat dan lautan dengan luas sekitar 1500 hektar tanah dan luas wilayah seluas 110.000 hektar. Pengembangan Wisata satu ini sangat cepat, ini tidak terbebas dari dukungan dari pemerintah daerah untuk terus bekerja dalam mengembangkan potensi daerah sektor pariwisata, sampai sekarang banyak disukai oleh wisatawan domestik dan mancanegara.
Tempat ini Anda akan disajikan dengan pemandangan yang menakjubkan, mulai dari keindahan terumbukarang, pantai yang bersih dan keindahan gugus Kepulauan yang menghias Laut Jawa, bukan hanya pemandangan bukit yang juga sangat memukau pesona Anda akan mendapatkan dengan mengunjungi gunung cinta, Bukit Nyamplungan dan Bukit Joko Tuo adalah di Karimunjawa.
Sejarah singkat Karimunjawa
Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, nama Karmunjawa mulai muncul sejak zaman Sunan Muria, yang merupakan salah satu tokoh yang menyebarkan ajaran Islam di tanah Jawa. Dikatakan bahwa suatu hari Sunan Muria melihat pulau dengan samar-samar utara pulau Jawa, jika nazar soko kremun-kremun rupang Jowo. Oleh karena itu pulau-pulau ini kemudian disebut Karimunjawa.Ditempat juga menemukan banyak peninggalan – peninggalan Sunan Nyamplungan / Amir Hasan yang adalah anak dari Sunan Muria. Relik termasuk lele tanpa patil (lele meladerma), dewodaru kayu, Nyamplungan makam, kalimosodo, sentigi, dan edhor ular yang diselamatkan oleh orang-orang di sekitar Kepulauan Karimunjawa.
Rute menuju Kepulauan Karimunjawa
Bagi Anda yang datang dari luar kota atau luar Jawa, mampu untuk mengunjungi tempat ini Anda dapat menggunakan transportasi udara oleh transit di Bandara Ahmad Yani – Semarang, kemudian dari Semarang ada dua pilihan alternatif perjalanan yang adalah dengan menggunakan jalur udara dan laut. Jika Anda memilih untuk menggunakan rute perjalanan udara, perjalanan akan terus Dewa Daru Bandar Udara pulau Kemujan yang menggunakan CASSA 212 pesawat dengan 30 menit waktu perjalanan. Pesawat ini disediakan oleh salah satu manajer resort di Karimunjawa (Kura – Kura Resort). Kemudian jika Anda memilih untuk menggunakan rute transportasi laut, dari Semarang perjalanan Anda akan melanjutkan untuk Pelabuhan Tanjung Mas – Semarang, dari sini Anda dapat naik kapal KMC Kartini ke Karimunjawa dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.
Selain Semarang, Anda juga dapat menggunakan jalur dari Jepara melalui pelabuhan Kartini di Jepara. Dari sini transportasi yang dapat digunakan adalah KM. Muria dengan perjalanan kurang lebih 5 jam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s